Hakikat Dakwah Salafiyah.
Oleh: Ustadz Abu Muhammad Dzulqarnain.
Pertanyaan: Berkembangnya dakwah Salafiyah di kalangan masyarakat dengan pembinaan yang mengarah kepada perbaikan ummat di bawah tuntunan Rasulullah shollallahu alahi wa alihi wa sallam adalah suatu hal yang sangat disyukuri. Akan tetapi di sisi lain, orang- orang menyimpan dalam benak mereka persepsi yang berbeda-beda tentang pengertian Salafiyah itu sendiri sehingga bisa menimbulkan kebingunan bagi orang-orang yang mengamatinya, maka untuk itu dibutuhkan penjelasan yang jelas tentang hakikat Salafiyah itu. Mohon keterangannya!
Jawab: Salafiyah adalah salah satu penamaan lain dari Ahlussunnah Wal Jamaah yang menunjukkan ciri dan kriteria mereka. Salafiyah adalah pensifatan yang diambil dari kata ( Salaf ) yang berarti mengikuti jejak, manhaj dan jalan Salaf . Dikenal juga dengan nama ( Salafiyyun ). Yaitu bentuk jamak dari kata Salafy yang berarti orang yang mengikuti Salaf . Dan juga kadang kita dengar penyebutan para Salaf dengan nama As-Salaf Ash-Sholeh (pendahulu yang sholeh).
Dari keterangan di atas secara global sudah bisa dipahami apa yang dimaksud dengan Salafiyah . Tapi kami akan menjelaskan tentang makna Salaf menurut para ulama dengan harapan bisa mengikis anggapan/penafsiran bahwa dakwah Salafiyah adalah suatu organisasi, kelompok, aliran baru dan sangkaan-sangkaan lain yang salah dan menodai kesucian dakwah yang dibawa oleh Rasulullah shollallahu alahi wa alihi wa sallam ini.
Kata Salaf ini mempunyai dua definisi; dari sisi bahasa dan dari sisi istilah.
Definisi Salaf secara bahasa Berkata Ibnu Manzhur dalam Lisanul Arab : Dan As-Salaf juga adalah orang-orang yang mendahului kamu dari ayah-ayahmu dan kerabatmu yang mereka itu di atas kamu dari sisi umur dan keutamaan karena itulah generasi pertama dikalangan tabiin mereka dinamakan As-Salaf Ash-Sholeh.
Berkata Al-Manawi dalam At-Taarif jilid 2 hal.412 : As-Salaf bermakna At-Taqoddum (yang terdahulu). Jamak dari salaf adalah ( Masih banyak rujukan lain tentang makna salaf dari sisi bahasa yang ini dapat dilihat dalam Mauqif Ibnu Taimiyyah minal asyairah jilid:1, hal:21. Jadi, arti Salaf secara bahasa adalah yang terdahulu, yang awal dan yang pertama. Mereka dinamakan Salaf karena mereka adalah generasi pertama dari ummat Islam.
Definisi Salaf secara Istilah.
Salaf dikalangan para ulama mempunyai dua makna ; secara khusus dan secara umum.
Pertama: Makna Salaf secara khusus adalah generasi permulaan ummat Islam dari kalangan para shahabat, Tabiin (murid-murid para Shahabat), Tabiut Tabiin (murid-murid para Tabiin ) dalam tiga masa yang mendapatkan kemulian dan keutamaan dalam hadits mutawatir yang diriwayatkan oleh Imam Bukhary, Muslim, dan lain-lainnya di mana Rasulullah shollallahu alahi wa alihi wa sallam menyatakan: "Sebaik-baik manusia adalah generasiku kemudian generasi setelahnya kemudian generasi setelahnya."
Makna khusus inilah yang diinginkan oleh banyak ulama ketika menggunakan kalimat Salaf dan saya akan menyebutkan beberapa contoh dari perkataan para ulama yang mendefinisikan Salaf dengan makna khusus ini atau yang menggunakan istilah Salaf dan mereka inginkan dengannya makna Salaf secara khusus.
Berkata Al-Bajury dalam Syarah Jauharut Tauhid hlm. 111 : Yang dimaksud dengan salaf adalah orang-orang yang terdahulu dari para Nabi dan para shahabat dan orang-orang yang mengikuti mereka. Berkata Al-Qolasyany dalam Tahrirul Maqolah Syarah Ar-Risalah : As- Salaf Ash-Sholeh yaitu generasi pertama yang mapan di atas ilmu, yang mengikuti petunjuk Nabi shollahu alahi wa alihi wa sallam lagi menjaga sunnah-sunnah beilau. Allah memilih mereka untuk bershahabat dengan Nabi-Nya dan memilih mereka untuk menegakkan agama-Nya dan mereka itulah yang diridhoi oleh para Imam ummat ( Islam) dan mereka berjihad di jalan Allah dengan sebenar-benar jihad dan mereka mencurahkan (seluruh kemampuan mereka) dalam menasehati ummat dan memberi manfaat kepada mereka dan mereka menyerahkan diri-diri mereka dalam menggapai keridhoan Allah.
Dan berkata Al-Ghazaly memberikan pengertian terhadap kata As-Salaf Iljamul Awwam An ilmil Kalam hal.62 : Yang saya maksudkan dengan salaf adalah madzhabnya para shahabat dan Tabiin . Limadza Ikhtartu Al-Manhaj As-Salafy hal.31 dan Bashoir Dzawisy Syaraf Bimarwiyati Manhaj As-Salaf hal.18-19 .
Berkata Abul Hasan Al-Asyary dalam Kitab Al-Ibanah Min Ushul Ahlid Diyanah hal.21 : Dan (diantara yang) kami yakini sebagai agama adalah mencintai para ulama salaf yang mereka itu telah dipilih oleh Azza Wa Jalla untuk bershahabat dengan Nabi-Nya dan kami memuji mereka sebagaimana Allah memuji mereka dan kami memberikan loyalitas kepada mereka seluruhnya.
Berkata Ath-Thohawy dalam Al-Aqidah Ath-Thohawiyah : Dan ulama salaf dari generasi yang terdahulu dan generasi yang setelah mereka dari kalangan Tabiin (mereka adalah) Ahlul Khair (ahli kebaikan) dan Ahli Atsar (hadits) dan ahli fiqh dan telaah (peneliti), tidaklah mereka disebut melainkan dengan kebaikan dan siapa yang menyebut mereka dengan kejelekan maka dia berada di atas selain jalan (yang benar).
Dan Al-Lalika`i dalam Syarah Ushul Itiqod Ahlis Sunnah Wal Jamaah jilid 2 hal.334 ketika beliau membantah orang yang mengatakan bahwa Al-Quro dialah yang berada dilangit, beliau berkata : Maka dia telah menyelisihi Allah dan Rasul-Nya dan menolak mukjizat Nabi-Nya dan menyelisihi para salaf dari kalangan Shahabat dan tabiin dan orang-orang setelahnya dari para ulama ummat ini.
Berkata Al-Baihaqy dalam Syuabul Iman jilid 2 hal.251 tatkala beliau menyebutkan pembagian ilmu, beliau menyebutkan diantaranya : Dan mengenal perkataan-perkataan para salaf dari kalangan shahabat, dan orang-orang setelah mereka. Dan berkata Asy-Syihristany dalam Al-Milal Wa An-Nihal jilid 1 hal.200 : Kemudian mengetahui letak-letak ijma (kesepakatan) shahabat, dan Tabiut Tabiin dari Salafus Sholeh sehingga ijtihadnya tidak menyelisihi ijma (mereka).
Berkata Syaikhul Islam Ibnu Taimiyah dalam Bayan Talbis Al-Jahmiyah jilid 1 hal. 22 : Maka tidak ada keraguan bahwasanya kitab-kitab yang terdapat di tangan-tangan manusia menjadi saksi bahwasanya seluruh salaf dari tiga generasi pertama mereka menyelesihinya.
Dan berkata Al-Mubarakfury dalam Tuhfah Al-Ahwadzy jilid 9 hal.165: Dan ini adalah madzhab Salafus Sholeh dari kalangan shahabat dan dan selain mereka dari para ulama - mudah-mudahan Allah meridhoi mereka seluruhnya -. Dan hal yang sama dinyatakan oleh Al-Azhim Abady dalam Aunul Mabud jilid 13 hal.7.
Kedua: Makna salaf secara umum adalah tiga generasi terbaik dan orang-orang setelah tiga generasi terbaik ini, sehingga mencakup setiap orang yang berjalan di atas jalan dan manhaj generasi terbaik Dan berkata Al-Allamah Muhammad As-Safariny Al-Hambaly dalam Lawami Al-Anwar Al-Bahiyyah Wa Sawathi Al-Asrar Al-Atsariyyah jilid 1 : Yang diinginkan dengan madzhab salaf yaitu apa-apa yang para shahabat yang mulia -mudah-mudahan Allah meridhoi mereka - berada di atasnya dan para Tabiin yang mengikuti mereka dengan baik dan yang mengikuti mereka dan para Imam agama yang dipersaksikan keimaman mereka dan dikenal perannya yang sangat besar dalam agama dan manusia menerima perkataan-perkataan mereka. Berkata Ibnu Abil Izzi dalam Syarah Al Aqidah Ath-Thohawiyah hal.196 tentang perkataan Ath-Thohawy bahwasanya Al-Qur`an diturunkan oleh Allah Subhanahu Wa Taala : Yakni merupakan perkataan para shahabat dan yang mengikuti mereka dengan baik dan mereka itu adalah Salafus Sholeh .
Dan berkata Asy-Syaikh Sholeh Al-Fauz a n dalam Nazharat Wa Tuuqqubat Ala Ma Fi Kitab As-Salafiyah hal.21 : Dan kata Salafiyah digunakan terhadap jamaah kaum mukminin yang mereka hidup di generasi pertama dari generasi-generasi Islam yang mereka itu komitmen di atas Kitabullah dan Sunnah Rasulullah shollallahu alaihi wa alihi wa sallam dari kalangan shahabat Muhajirin dan Anshor dan yang mengikuti mereka dengan baik dan Rasulullah shollallahu alaihi wa alihi wa sallam mensifati mereka dengan sabdanya:
"Sebaik-baik manusia adalah zamanku kemudian zaman setelahnya kemudian zaman setelahnya."
Dan beliau juga berkata dalam Al-Ajwibah Al-Mufidah An As`ilah Al- Manahij Al-Jadidah hal. 103-104 : As-Salafiyah adalah orang-orang yang berjalan di atas Manhaj Salaf dari kalangan Shahabat dan tabiin dan generasi terbaik, yang mereka mengikutinya dalam hal aqidah, manhaj, dan metode dakwah.
Dan berkata Syaikh Nashir bin Abdil Karim Al-Aql dalam Mujmal Ushul Itiqod Ahlus Sunnah Wal Jamaah hal.5 : As-Salaf , mereka adalah generasi pertama ummat ini dari para shahabat, tabiin dan imam- imam yang berada di atas petunjuk dalam tiga generasi terbaik pertama.
Dan kalimat As-Salaf juga digunakan kepada setiap orang yang berada pada setelah tiga generasi pertama ini yang meniti dan berjalan di atas manhaj mereka.
Asal Penamaan Salaf dan Penisbahan Diri kepada Manhaj Salaf.
Asal penamaan Salaf dan penisbahan diri kepada manhaj Salaf adalah sabda Nabi shollallahu alaihi wa alihi wa sallam kepada putrinya Fathimah radihyallahu anha :
"Karena sesungguhnya sebaik-baik salaf bagi kamu adalah saya . Dikeluarkan oleh Bukhary no.5928 dan Muslim no. 2450 .
Maka jelaslah bahwa penamaaan salaf dan penisbahan diri kepada manhaj Salaf adalah perkara yang mempunyai landasan (pondasi) yang sangat kuat dan sesuatu yang telah lama dikenal tapi karena kebodohan dan jauhnya kita dari tuntunan syariat yang dibawa oleh Rasulullah shollallahu alaihi wa alihi wa sallam, maka muncullah anggapan bahwa manhaj salaf itu adalah suatu aliran, ajaran, atau pemahaman baru, dan anggapan-anggapan lainnya yang salah.
Berkata Syaikhul Islam Ibnu Taimiyah dalam Majmu Fatawa jilid 4, hal:149, Tidak ada celaan bagi orang yang menampakkan madzhab salaf dan menisbahkan diri kepadanya dan merujuk kepadanya, bahkan wajib menerima hal tersebut menurut kesepakatan (para ulama). Karena sesungguhnya madzhab salaf itu adalah tak lain kecuali kebenaran.
Bearikut ini saya akan memberikan beberapa contoh untuk menunjukkan bahwa penggunaan nama salaf sudah lama dikenal.
Berkata Imam Az-Zuhry (wafat 125 H) tentang tulang belulang bangkai seperti bangkai gajah dan lainnya : Saya telah mendapati sekelompok dari para ulama salaf mereka bersisir dengannya dan mengambil minyak darinya, mereka menganggap (hal tersebut) tidak apa-apa. Shohih Bukhary bersama Fathul Bary jilid 1 hal.342 . Tentunya yang diinginkan dengan ulama salaf oleh Az-Zuhry adalah para shahabat karena Az-Zuhry adalah seorang Tabii (generasi setelah shahabat). Dan Saad bin Rasyid (wafat 213 H) berkata: Adalah para lebih menyenangi tunggangan jantan karena lebih cepat larinya dan lebih berani.
Lihat: Shohih Bukhary dengan Fathul Bary jilid 6 hal. dan Al-Hafizh menafsirkan kata salaf : Yaitu dari shahabat dan setelahnya. Berkata Imam Bukhary (wafat 256 H) dalam Shohih nya dengan Fathul jilid 9 hal.552 : Bab bagaimana para ulama salaf berhemat di rumah-rumah mereka dan di dalam perjalanan mereka dalam makanan, daging dan lainnya.
Imam Ibnul Mubarak (wafat 181 H) berkata : Tinggalkanlah hadits Amr bin Tsabit karena ia mencerca para ulama salaf .
Baca : Muqoddimah Shohih Muslim jilid 1 hal. 16 . Tentunya yang diinginkan dengan kata salaf oleh Imam Bukhary dan Ibnul Mubarak tiada lain kecuali para shahabat dan tabiin . Dan juga kalau kita membaca buku-buku yang berkaitan dengan pembahasan nasab, akan didapatkan para ulama yang menyebutkan tentang nisbah Salafy (penisbahan diri kepada jalan para ulama salaf) , dan ini lebih memperjelas bahwa nisbah kepada manhaj salaf juga adalah sesuatu yang sudah lama dikenal dikalangan para ulama.
Berkata As-Samany dalam Al-Ansab jilid 3 hal.273 : Salafy dengan difathah (huruf sin-nya) adalah nisbah kepada As-Salaf dan mengikuti madzhab mereka. Dan berkata As-Suyuthy dalam Lubbul Lubab jilid 2 hal.22 : Salafy dengan difathah (huruf sin dan lam-nya) adalah penyandaran diri kepada madzhab As-Salaf .
Dan saya akan menyebutkan beberapa contoh para ulama yang dinisbahkan kepada manhaj (jalan) para ulama salaf untuk menunjukkan bahwa mereka berada diatas jalan yang lurus yang bersih dari noda penyimpangan:
1. Berkata Imam Adz-Dzahaby dalam Siyar Alam An-Nubala` jilid 13 hal.183 setelah menyebutkan hikayat bahwa Yaqub bin Sufyan Al- Fasawy rahimahullah menghina Utsman bin Affan radhiyallahu anhu : Kisah ini terputus, Wallahu Alam .
Dan saya tidak mengetahui Yaqub Al-Fasawy kecuali beliau itu adalah seorang Salafy , dan beliau telah mengarang sebuah kitab kecil tentang As-Sunnah.
2. Dan dalam biografi Utsman bin Jarzad beliau berkata: Untuk menjadi seorang Muhaddits (ahli hadits) diperlukan lima perkara, kalau satu perkara tidak terpenuhi maka itu adalah suatu kekurangan. Dia memerlukan: Akal yang baik, agama yang baik, dhobth (hafalan yang kuat), kecerdikan dalam bidang hadits serta dikenal darinya sifat amanah.
Kemudian, Adz-Dzahaby mengomentari perkataan tersebut, beliau berkata : Amanah merupakan bagian dari agama dan hafalan bisa masuk kepada kecerdikan.
Adapun yang dibutuhkan oleh seorang (penghafal hadits) adalah : Dia harus seorang yang bertaqwa, pintar, ahli nahwu dan bahasa, bersih hatinya, senantiasa bersemangat, seorang salafy , cukup bagi dia menulis dengan tangannya sendiri 200 jilid buku hadits dan memiliki 500 jilid buku yang dijadikan pegangan dan tidak putus semangat dalam menuntut ilmu sampai dia meninggal dengan niat yang ikhlas dan dengan sikap rendah diri. Kalau tidak memenuhi syarat-syarat ini maka janganlah kamu berharap. Lihat dalam Siyar Alam An-Nubala`jilid:13, hal:280.
3. Dan Adz-Dzahaby berkata tentang Imam Ad-Daraquthny : Beliau adalah orang yang tidak akan pernah ikut serta mempelajari ilmu kalam (ilmu mantik) dan tidak pula ilmu jidal (ilmu debat) dan beliau tidak pernah mendalami ilmu tersebut, bahkan beliau adalah seorang . Baca Siyar Alam An-Nubala` jilid 16 hal.457.
4. Dan dalam Tadzkirah Al-Huffazh jilid 4 hal.1431 dalam biografi Ibnu Ash-Sholah, berkata Imam Adz-Dzahaby : Dan beliau adalah seorang Salafy yang baik aqidahnya. Dan lihat : Thobaqot Al- Huffazh jilid 2 hal.503 dan Siyar Alam An-Nubala` jilid 23, hal.142.
5. Dalam biografi Imam Abul Abbas Ahmad bin Isa bin Abdullah bin Ahmad bin Muhammad bin Qudamah Al-Maqdasy, Imam Adz-Dzahaby berkata : Beliau adalah seorang yang terpercaya, tsabt (kuat hafalannya), pandai, seorang Salafy . Baca Siyar Alam An-Nubala` hal.18.
6. Dan dalam Biografi Abul Muzhoffar Ibnu Hubairah, Imam Adz- Dzahaby berkata : Dia adalah seorang yang mengetahui madzhab dan bahasa arab dan ilmu arudh , seorang salafy , atsary . Baca Siyar Alam An-Nubala` jilid 20 hal.426.
7. Berkata Imam Adz-Dzahaby dalam biografi Imam Az-Zabidy : Dia adalah seorang Hanafy, Salafy . Baca Siyar Alam An-Nubala` jilid hal.316.
8. Dan dalam Biografi Musa bin Ibrahim Al-Balabakky, Imam Adz- Dzahaby berkata : Dan demikian pula beliau seorang perendah hati, seorang Salafy . Lihat : Mujamul Muhadditsin hal.283.
9. Dan dalam biografi Muhammad bin Muhammad Al-Bahrony, Imam Adz-Dzahaby Berkata : Dia seorang yang beragama, orang yang sangat baik, seorang Salafy . Lihat : Mujam Asy-Syuyukh jilid 2 hal.280 ( dinukil dari Al-Ajwibah Al-Mufidah hal.18).
10. Berkata Al-Hafizh Ibnu Hajar Al-Asqolany dalam Lisanul Mizan Jilid 5 hal.348 dalam biografi Muhammad bin Qasim bin Sufyan Abu Ishaq : Dan Ia adalah Seorang yang bermadzhab Salafy.
Penamaan-Penamaan Lain Ahlus Sunnah Wal Jamaah.
Sebelum terjadi fitnah bidah perpecahan dan perselisihan dalam ummat ini, ummat Islam tidak dikenal kecuali dengan nama Islam dan kaum muslimin, kemudian setelah terjadinya perpecahan dan munculnya golongan-golongan sesat yang mana setiap golongan menyerukan dan mempropagandakan bidah dan kesesatannya dengan menampilkan bidah dan kesesatan mereka di atas nama Islam, maka tentunya hal tersebut akan melahirkan kebingungan di tengah-tengah ummat. Akan tetapi, Allah Maha Bijaksana dan Maha Menjaga agama- Nya. Dialah Allah yang berfirman:
"Sesungguhnya Kami-lah yang menurunkan Adz-Dikr, dan sesungguhnya Kami benar-benar menjaganya. (Q.S. Al Hijr ayat 9).
Dan Rasulullah shollallahu alaihi wa alihi wa sallam bersabda :
" Terus menerus ada sekelompok dari ummatku yang mereka tetap nampak di atas kebenaran, tidak membahayakan mereka orang mencerca mereka sampai datang ketentuan Allah (hari kiamat) dan mereka dalam keadaan seperti itu."
Maka para ulama salaf waktu itu yang merupakan orang-orang yang berada di atas kebenaran dan yang paling memahami aqidah yang benar dan tuntunan syariat Islam yang dibawa oleh Rasulullah shollallahu alaihi wa alihi wa sallam yang murni yang belum ternodai oleh kotoran bidah dan kesesatan, mulailah mereka menampakkan penamaan-penamaan syariat diambil dari Islam guna membedakan pengikut kebenaran dari golongan-golongan sesat tersebut. Berkata Imam Muhammad bin Sirin rahimahullah : Tidaklah mereka (para ulama) bertanya tentang isnad (silsilah rawi). Tatkala terjadi fitnah mereka pun berkata : Sebutkanlah kepada kami rawi-rawi kalian maka dilihatlah kepada Ahlus Sunnah lalu diambil hadits mereka dan dilihat kepada Ahlil bidah dan tidak diambil hadits mereka. Maka Ahlus Sunnah Wal Jamaah selain dikenal sebagai Salafiyah, mereka juga mempunyai penamaan lain yang menunjukkan ciri dan kriteria mereka.
Berikut ini kami akan menguraikan penamaan-penamaan tersebut dengan ringkas:
1. Al-Firqoh An-Najiyah.
Al-Firqoh An-Najiyah artinya golongan yang selamat.
Penamaan ini diambil dari apa yang dipahami dari hadits perpecahan ummat, Rasulullah shollallahu alaihi wa alihi wa sallam menyatakan :
"Telah terpecah orangorang Yahudi menjadi tujuh puluh satu firqoh ( golongan) dan telah terpecah orang-orang Nashoro menjadi tujuh puluh dua firqoh dan sesungguhnya ummatku akan terpecah menjadi tujuh puluh tiga firqoh semuanya dalam neraka kecuali satu dan ia adalah Al-Jamaah."
dalam satu riwayat : "Apa yang aku dan para shahabatku berada di atasnya sekarang ini."
Hadits shohih, dishohihkan oleh Syaikh Al-Albany dalam Dzilalil Jannah dan Syaikh Muqbil dalam Ash-Shohih Al-Musnad Mimma Laisa Fi Ash-Shohihain rahimahumullah.
Berkata Syaikhul Islam Ibnu Taimiyah dalam Minhaj As-sunnah jilid 3 hal.345 : Maka apabila sifat Al-Firqoh An-Najiyah mengikuti para shahabat di masa Rasulullah shollallahu alaihi wa alihi wa sallam dan itu adalah syiar (ciri, simbol) Ahlus Sunnah maka Al-Firqoh An-Najiyah mereka adalah Ahlus Sunnah.
Dan beliau juga menyatakan dalam Majmu Al Fatawa jilid 3 hal.345 : Karena itu beliau (Rasulullah shollallahu alaihi wa alihi wa sallam) menyifati Al-Firqoh An-Najiyah bahwa ia adalah Ahlus Sunnah Wal Jamaah dan, mereka adalah jumhur yang paling banyak dan As-Sawad Al-Azhom (kelompok yang paling besar).
Berkata Syaikh Hafizh Al-Hakamy : Telah dikabarkan oleh Rasulullah shollallahu alaihi wa alihi wa sallam -yang selalu benar dan dibenarkan- bahwa Al-Firqoh An-Najiyah mereka adalah siapa yang di atas seperti apa yang beliau dan para shahabatnya berada di atasnya, dan sifat ini hanyalah cocok bagi orang-orang yang membawa dan menjaga sifat itu, tunduk kepadanya lagi berpegang teguh dengannya.
mereka yang saya maksud ini adalah para imam hadits dan para tokoh (pengikut) Sunnah. Lihat Maarijul Qobul jilid 1 Maka nampaklah dari keterangan di atas asal penamaan Al-Firqoh An- Najiyah dari hadits Rasulullah Shallallahu alaihi wa alihi wa sallam . Diringkas dari: Mauqif Ahlus Sunnah Wal Jamaah Min Ahli Alhwa`i Wal jillid 1 hal. 54-59 .
Dan Berkata Syaikh Muqbil bin Hadi Al Wadiy rahimahullah setelah meyebutkan dua hadits tentang perpecahan ummat : Dua hadits ini dan hadits-hadits yang semakna dengannya menunjukkan bahwa tidak ada yang selamat kecuali satu golongan dari tujuh puluh tiga golongan, dan adapun golongan-golongan yang lain di Neraka, ( sehingga) mengharuskan setiap muslim mencari Al-Firqoh An-Najiyah sehingga teratur menjalaninya dan mengambil agamanya darinya. Riyadhul Jannah Fir Roddi Ala Ada`is Sunnah hal.22 .
2. Ath-Thoifah Al Manshuroh Ath-Thoifah Al-Manshuroh artinya kelompok yang mendapatkan pertolongan. Penamaan ini berdasarkan hadits Rasulullah shollallahu alaihi wa alihi wa sallam : Terus menerus ada sekelompok dari ummatku yang mereka tetap nampak di atas kebenaran, tidak membahayakan mereka orang mencerca mereka sampai datang ketentuan Allah (hari kiamat) dan mereka dalam keadaan seperti itu. Dikeluarkan oleh Muslim dari hadits Tsauban dan semakna dengannya diriwayatkan oleh Bukhary dan Muslim dari hadits Mughiroh bin Syubah dan Muawiyah dan diriwayatkan oleh Muslim dari Jabir bin Abdillah.
Dan hadits ini merupakan hadits mutawatir sebagaimana yang dikatakan oleh Syaikhul Islam Ibnu Taimiyah dalam Iqtidho` Ash- Shirath Al-Mustaqim 1/69 , Imam As-Suyuthy dalam Al-Azhar Al- Mutanatsirah hal.216 dan dalam Tadrib Ar-Rawi , Al Kattany dalam Nazhom Al-Mutanatsirah hal.93 dan Az-Zabidy dalam Laqthul `Ala`i hal.68-71 . Lihat : Bashoir Dzawisy Syaraf Bimarwiyati Manhaj As-Salaf.
Berkata Imam Bukhary tentang Ath-Thoifah Al-Manshuroh : Mereka adalah para ulama. Berkata Imam Ahmad : Kalau mereka bukan Ahli Hadits saya tidak tahu siapa mereka. Al-Qodhi Iyadh mengomentari perkataan Imam Ahmad dengan berkata : Yang diinginkan oleh (Imam Ahmad) adalah Ahlus Sunnah Wal Jamaah dan siapa yang meyakini madzhab Ahlul Hadits . Lihat : Mauqif Ahlus Sunnah Wal Jamaah 1/59-62.
Berkata Syaikhul Islam Ibnu Taimiyah dalam Muqoddimah Al Aqidah Al Washitiyah : Amma badu ; Ini adalah itiqod (keyakinan) Al Firqoh An- Najiyah , ( Ath-Thoifah ) Al-Manshuroh sampai bangkitnya hari kiamat, ( mereka) Ahlus Sunnah.
Dan di akhir Al Aqidah Al Washitiyah ketika memberikan definisi tentang Ahlus Sunnah, beliau berkata : Dan mereka adalah Ath- Thoifah Al-Manshuroh yang Nabi shollallahu alaihi wa alihi wa sallam bersabda tentang mereka :
"Terus menerus sekelompok dari ummatku diatas kebenaran manshuroh (tertolong) tidak membahayakan mereka orang yang menyelisihi dan mencerca mereka sampai hari kiamat, namun keada'an mereka tetap demikian."
mudah-mudahan Allah menjadikan kita bagian dari mereka dan tidak memalingkan hati-hati kita setelah mendapatkan petunjuk. Bashoir Dzawisy Syaraf Bimarwiyati Manhaj As-Salaf hal. 97-110.
3. Ahlul Hadits.
Ahlul Hadits dikenal juga dengan Ashhabul hadits atau Ashhabul Atsar . Ahlul hadits artinya orang yang mengikuti hadits Rasulullah shollallahu alaihi wa alihi wa sallam .
Dan istilah Ahlul hadits ini juga merupakan salah satu nama dan kriteria Salafiyah atau Ahlus Sunnah Wal Jamaah atau Ath-Thoifah Al-Manshurah . Berkata Ibnul Jauzi : Tidak ada keraguan bahwa Ahlun Naql Wal Atsar ( Ahlul Hadits ) yang mengikuti jejak-jejak Rasulullah shollallahu alaihi wa alihi wa sallam, mereka di atas jalan yang belum terjadi bidah.
Berkata Al-Khathib Al-Baghdady dalam Ar-Rihlah Fii Tholabil Hadits hal.223 : Dan sungguh (Allah) Rabbul alamin telah menjadikan Ath- Thoifah Al-Manshurah sebagai penjaga agama dan telah dipalingkan dari mereka makar orang-orang yang keras kepala karena mereka berpegang teguh dengan syariat (Islam) yang kokoh dan mereka mengikuti jejak para shahabat dan tabiin.
Dan telah sepakat perkataan para ulama Ahlus Sunnah Wal Jamaah bahwa yang dimaksud dengan Ath-Thoifah Al-Manshurah adalah para ulama Salaf Ahlul Hadits . Hal ini ditafsirkan oleh banyak Imam seperti Abdullah bin Mubarak, Ali bin Madiny, Ahmad bin Hambal, Bukhary, Al- Hakim dan lain-lainnya,.
Perkataan-perkataan para ulama tersebut diuraikan dengan panjang lebar oleh Syaikh Robi bin Hady Al-Madkhaly dan juga Syaikh Al- Albany dalam Silsilah Al-Ahadits Ash-Shohihah hadits no.270.
Lihat : Haqiqitul Bid'ah 1/269-272 , Mauqif Ibnu Taymiyah 1/32-34 , Ahlul Hadits Wa Ath- Thoifah Al-Manshurah An-Najiyah , Limadza Ikhtartu Al- Manhaj As-Salafy , Bashoir Dzawisy Syaraf Bimarwiyati Manhaj As-Salaf Al-Intishor Li Ashhabil Hadits karya Muhammad Umar Ba Zamul.
4. Al-Ghuraba'.
Al-Ghuraba` artinya orang-orang yang asing.
Asal penyifatan ini adalah sabda Rasulullah shollallahu alaihi wa alihi wa sallam dalam hadits Abu Hurairah riwayat Muslim No.145 : Islam mulai muncul dalam keadaan asing dan akan kembali asing sebagaimana awal munculnya maka beruntunglah orang-orang asing Dan hadits ini adalah hadits yang mutawatir . Berkata Imam Al-Ajurry dalam Sifatil Ghuraba` Minal Muminin hal.25 : Dan perkataan (Nabi) shollallahu alaihi wa alihi wa sallam Dan akan kembali asing maknanya W allahu Alam sesungguhnya hawa nafsu yang menyesatkan akan menjadi banyak sehingga banyak dari manusia tersesat karenanya dan akan tetap ada Ahlul Haq yang berjalan diatas syariat islam dalam keadaan asing di mata manusia, tidakkah kalian mendengar perkataan Nabi shollallahu alaihi wa alihi wa sallam :
"Akan terpecah ummatku menjadi 73 golongan semuanya masuk neraka kecuali satu, maka dikatakan siapa mereka yang tertolong itu? maka kata Rasulullah shollallahu alaihi wa alihi wa sallam : Apa-apa yang saya dan para shahabatku berada di atasnya pada hari ini."
Berkata Imam Ibnu Rajab dalam Kasyful Kurbah fi washfi hali Ahlil Ghurbah hal 22-27 : Adapun fitnah syubhat (kerancuan-kerancuan) dan pengikut hawa nafsu yang menyesatkan sehingga hal tersebut menyebabkan terpecahnya Ahlul Qiblah (kaum muslimin) dan menjadilah mereka berkelompok-kelompok, sebagian dari mereka mengkafirkan yang lainnya dan mereka menjadi saling bermusuhan, bergolong-golongan dan berpartai-partai setelah mereka dulunya sebagai saudara dan hati-hati mereka diatas hati satu orang ( Rasulullah shollallahu alaihi wa alihi wa sallam ) sehingga tidak akan selamat dari kelompok-kelompok tersebut kecuali satu golongan yang selamat. Mereka inilah yang disebut dalam sabda Rasulullah shollallahu alaihi wa alihi wa sallam :
"Terus menerus ada diantara ummatku satu kelompok yang menampakkan kebenaran, tidak mencelakakan mereka orang-orang yang menghinakan dan membenci mereka sampai datang ketetapan Allah subhanahu wa taala (hari kiamat) dan mereka tetap dalam keadaan tersebut."
Mereka inilah al- Ghuraba` di akhir zaman yang tersebut dalam hadits-hadits ini.
Demikianlah penamaan-penamaan syariat bagi pengikut Al-Qur`an dan Sunnah Rasulullah shollallahu alaihi wa alihi wa sallam sesuai dengan pemahaman para ulama salaf, yang apabila dipahami dengan baik akan menambah keyakinan akan wajibnya mengikuti jalan para ulama salaf dan kebenaran jalan mereka serta keberuntungan orang-orang yang mengikuti jalan mereka.
Cukuplah sebagai satu keistimewaan yang para salafiyun berbangga dengannya bahwa penamaan-penamaan ini semuanya dari Islam dan menggambarkan Islam hakiki yang dibawa oleh Rasulullah Shallallahu alaihi wa alihi wa sallam dan tentunya hal ini sangat membedakan salafiyun dari ahlu bidah yang bernama atau dinamakan dengan penamaan-penamaan yang hanya sekedar menampakkan bidah, pimpinan atau kelompok mereka seperti Tablighy nisbah kepada Jamaah Tabligh yang didirikan oleh Muhammad Ilyas, Ikhwany nisbah kepada gerakan Ikhwanul Muslimin yang dipelopori oleh Hasan Al- Banna, Surury nisbah kepada kelompok atau pemikiran Muhammad Surur Zainal Abidin, Jahmy nisbah kepada Jahm bin Sofwan pembawa bendera bidah keyakinan bahwa Al-Qur`an adalah makhluk.
Mutazily nisbah kepada kelompok pimpinan Atho` bin Washil yang menyendiri dari halaqah Hasan Al-Bashry. Asyary nisbah kepada pemikiran Abu Hasan Al-Asyary yang kemudian beliau bertobat dari pemikiran sesatnya.
Syiiy nisbah kepada kelompok Syiah yang mengaku mencintai keluarga Nabi shollallahu alaihi wa alihi wa sallam , dan masih ada ratusan penamaan lain, sangat meletihkan untuk menyebutkan dan menguraikan seluruh penamaan tersebut,
maka nampaklah dengan jelas bahwa penamaan Salafiyun -Ahlus Sunnah Wal Jamaah- Ath-Thoifah Al-Manshurah - Al-Firqoh An-Najiyah - Ahlul Hadits adalah sangat berbeda dengan penamaan-penamaan yang dipakai oleh golongan-golongan yang menyimpan dari beberapa sisi:
Satu: Penamaan-penamaan syariat ini adalah nisbah kepada generasi awal ummat Islam yang berada di atas tuntunan Rasulullah shollallahu alaihi wa alihi wa sallam , maka penamaan ini akan mencakup seluruh ummat pada setiap zaman yang berjalan sesuai dengan jalan generasi awal tersebut baik dalam mengambil ilmu atau dalam pemahaman atau dalam berdakwah dan lain-lainnya.
Dua: Kandungan dari penamaan-penamaan syariat ini hanyalah menunjukkan tuntunan Islam yang murni yaitu Al-Qur`an dan sunnah Rasulullah shollallahu alaihi wa alihi wa sallam tanpa ada penambahan atau pengurangan sedikit pun.
Tiga: Penamaan-penamaan ini mempunyai asal dalil dari sunnah Rasulullah shollallahu alaihi wa alihi wa sallam
.Empat: Penamaan-penamaan ini hanyalah muncul untuk membedakan antara pengikut kebenaran dari jalan para pengekor hawa nafsu dan golongan-golongan sesat, dan sebagai bantahan terhadap bidah dan kesesatan mereka.
Lima: Ikatan wala (loyalitas) dan baro (kebencian, permusuhan) bagi orang-orang yang bernama dengan penamaan ini, hanyalah ikatan wala dan baro di atas Islam (Al-Qur`an dan Sunnah) bukan ikatan wala dan baro karena seorang tokoh, pemimpin, kelompok, organisasi dan lain-lainnya.
Enam: Tidak ada fanatisme bagi orang-orang yang memakai penamaan-penamaan ini kecuali kepada Rasulullah shollallahu alaihi wa alihi wa sallam karena pemimpin dan panutan mereka hanyalah satu yaitu Rasulullah shollallahu alaihi wa alihi wa sallam , berbeda dengan orang-orang yang menisbahkan dirinya ke penamaan- penamaan bidah fanatismenya untuk golongan, kelompok / pemimpin.
Tujuh: Penamaan-penamaan ini sama sekali tidak akan menjerumuskan ke dalam suatu bidah, maksiat maupun fanatisme kepada seseorang atau kelompok dan lain-lainnya.
Hukmul intima` hal 31-37 dan Mauqif Ahlus Sunnah wal Jamaah 1/46-47.
Wallahu Taala Alam.
Sumber: http://antosalafy.wordpress.com/mengenal-hakikat-dakwah- salafiyah/
Baca Selengkapnya...
0 komentar:
Posting Komentar
Assalamualaikum.
Untuk memperbaharui blog ini komentar anda sangat saya harapkan.
- Komentar anda sangat berarti buatku.
- Komentar anda sangat berharga bagiku.
- Komentar anda adalah kebangga'anku.
Berilah komentar yang dapat membuat saya merasa nyaman dan bergairah untuk terus memperbaharui situs ini.
komentar anda sangat membantu saya untuk terus berkarya. (~_~)
Terimakasi karena sudah berkunjung!
Jazakumulloh khoiron katsir.