12.30.2011

Darah Istihadhah (bagian pertama)

(ditulis oleh: Al-Ustadzah Ummu Ishaq Zulfa
Husein Al-Atsariyyah).

Istihadhah berbeda dengan haidh. Perbedaan ini menuntut banyak hal terutama terkait dengan praktek ibadah. Pembahasan ringkas berikut insya Allah memberikan kemudahan untuk memahami apa sesungguhnya istihadhah itu. Sebagian wanita ada yang mengeluarkan darah dari farji (kemaluan) di luar kebiasaan bulanannya (haidh) dan bukan karena melahirkan. Darah ini diistilahkan dengan darah istihadhah.

Al-Imam An- Nawawi t mengatakan, istihadhah adalah darah yang mengalir dari farji wanita di luar waktunya dan berasal dari urat yang dinamakan ‘adzil (Shahih Muslim bi Syarhin Nawawi, 4/17).Al-Imam Al-Qurthubi t menyifatinya dengan darah yang keluar dari farji wanita di luar kebiasaan bulanannya, disebabkan urat yang terputus. (Al-Jami’ li Ahkamil Qur‘an, 3/57).

Keluarnya darah istihadhah ini merupakan hal yang lazim dijumpai para wanita. Bukan hanya di masa sekarang, namun sejak dulu dan dialami pula oleh para wanita dari kalangan shahabat Rasulullah r. Menurut Al-Imam Ash-Shan’ani t, jumlah shahabiyyah yang mengalami istihadhah di masa Nabi r mencapai sepuluh orang, demikian menurut perhitungan ahlul ilmi, (Subulus Salam, 1/161). Bahkan ada yang menghitungnya lebih dari sepuluh.

Di antara mereka adalah Fathimah bintu Abi Hubaisy x. Ia pernah datang meminta fatwa kepada Rasulullah r:

“Wahai Rasulullah! Aku adalah seorang wanita yang ditimpa istihadhah maka aku tidak suci. Apakah aku harus meninggalkan shalat?” (Shahih, HR. Al-Bukhari dalam Shahih-nya no. 228, 306, 320, 325, 331 dan Muslim dalam Shahih-nya no. 333) Bahkan di antara Ummul Mukminin (istri Rasulullah r), ada pula yang ditimpa istihadhah seperti yang diberitakan Aisyah x:“Nabi r pernah i’tikaf bersama sebagian istrinya, (ada di antara mereka) yang sedang istihadhah dalam keadaan ia melihat keluarnya darah…” (Shahih, HR. Al-Bukhari no. 309, 310).

Ibnu ‘Abdil Barr t mengisahkan, tiga orang putri Jahsyin semuanya mengalami istihadhah. Mereka adalah Zainab Ummul Mukminin, Hamnah istri Thalhah bin ‘Ubaidillah, dan Ummu Habibah istri Abdurrahman bin ‘Auf, semoga Allah meridhai mereka semuanya. (Syarah Muslim 1/23, Fathul Bari, 1/513).

Bahkan ada di antara shahabiyyah yang mengalami istihadhah selama bertahun- tahun, seperti dialami Ummu Habibah bintu Jahsyin x. Ia istihadhah selama 7 tahun sebagaimana disebutkan dalam hadits riwayat Al-Bukhari no. 327 dan Muslim no. 334. Ada pula di antara mereka yang keluar darah istihadhah dengan deras dan sangat banyak seperti Hamnah bintu Jahsyin x. Ia pernah datang menemui Nabi r mengadukan keadaan dirinya: “Aku ditimpa istihadhah yang sangat banyak dan deras…” (HR. Ahmad, Abu Dawud, At-Tirmidzi dan ia menshahihkannya.

Dinukilkan penshahihan Al-Imam Ahmad terhadap hadits ini, sedangkan Al-Imam Al-Bukhari menghasankannya. Lihat Subulus Salam, 1/159-160) Keadaan Wanita yang Istihadhah.

Keadaan pertama: Dia memiliki adat kebiasaan haidh yang tertentu setiap bulannya sebelum ditimpa istihadhah Ketika keluar darah dari farjinya, untuk membedakan apakah darah tersebut darah haidh atau darah istihadhah, kembali kepada kebiasaan haidhnya. Dia meninggalkan shalat dan puasa di hari-hari kebiasaan haidhnya dan berlaku padanya hukum wanita haidh. Adapun di luar waktu itu bila masih keluar darah, berarti ia mengalami istihadhah dan berlaku pada dirinya hukum wanita suci (yakni suci dari haidh/ nifas).

Misalnya: seorang wanita adatnya 6 hari di tiap awal bulan. Kemudian ia ditimpa istihadhah yang menyebabkan darah keluar terus menerus dari farjinya. Maka 6 hari di awal bulan itu dianggap haidh, selebihnya istihadhah. Ini berdasarkan sabda Rasulullah r kepada Fathimah bintu Abi Hubaisy x. Fathimah menyangka, ia harus meninggalkan shalat karena istihadhah yang dialaminya.

Maka beliau r memberikan tuntunan: “Engkau tidak boleh meninggalkan shalat (Apa yang kau alami) itu hanyalah darah dari urat bukan haidh. Apabila datang haidhmu maka tinggalkanlah shalat dan bila telah berlalu hari-hari haidhmu, cucilah darah darimu (mandilah) dan shalatlah.” (Shahih, HR. Al-Bukhari no. 228, 306, 320, 325, 331 dan Muslim no.333) Beliau r juga mengatakan kepada Ummu Habibah bintu Jahsyin: “Tinggalkanlah shalat sekadar hari-hari haidhmu kemudian mandilah.” (Shahih, HR Muslim no. 334)

Keadaan kedua: Ia tidak memiliki adat tertentu sebelum ditimpa istihadhah ataupun ia lupa adatnya, namun ia bisa membedakan darah. Maka untuk membedakan darah haidh dengan istihadhah ia memakai cara tamyiz
(mengenali sifat darah). Bila ia dapatkan bau tidak sedap dari darah yang keluar dan sifat-sifat lain yang ia kenali, berarti ia sedang haidh, selain dari itu berarti ia istihadhah. Misalnya: seorang wanita keluar darah dari kemaluannya secara terus menerus, namun 10 hari yang awal darah yang keluar berwarna hitam selebihnya berwarna merah. Maka 10 hari yang awal itu dihitung haidh, selebihnya istihadhah.

Hal ini berdasarkan sabda Nabi r kepada Fathimah bintu Abi Hubaisy x: “Apabila darah itu darah haidh, maka dia berwarna hitam yang dikenal. Bila demikian darah yang keluar darimu, berhentilah shalat. Namun bila tidak demikian
keadaannya, berwudhulah dan shalatlah.” (HR. Abu Dawud, An-Nasa`i, dan lainnya. Dishahihkan oleh Asy-Syaikh Al-Albani t dalam Shahih Abu Dawud no. 283, 284) Muncul permasalahan, bagaimana bila wanita yang istihadhah punya adat haidh dan bisa membedakan sifat darah (tamyiz)? Mana yang harus dia dahulukan, adat atau tamyiz?

Dalam hal ini ulama berselisih pendapat. Al- Imam Malik, Asy-Syafi’i dan satu riwayat dari Al-Imam Ahmad berpendapat tamyiz didahulukan. Mereka berdalil dengan sabda Nabi r: “Apabila darah itu darah haidh maka dia berwarna hitam yang dikenal. Bila demikian darah yang keluar darimu berhentilah shalat. Namun bila tidak demikian keadaannya berwudhulah dan shalatlah”. (HR. Abu Dawud, An-Nasa`i, dan lainnya. Dishahihkan oleh Asy-Syaikh Al-Albani t
dalam Shahih Abi Dawud no. 283, 284) Mereka juga beralasan tamyiz merupakan tanda yang jelas sekali, maka sepantasnya kembali kepadanya. Adapun Abu Hanifah berpendapat ‘adat didahulukan. Pendapat ini dikuatkan
Syaikhul Islam Ibnu Taimiyyah dengan berdalil sabda Nabi r: “Tinggalkanlah shalat sekadar hari-hari haidhmu kemudian mandilah.” (HR. Muslim no. 334)

Dalam hadits ini Nabi r menyuruh Ummu Habibah untuk melihat kebiasaan haidhnya, meski Ummu Habibah bisa saja membedakan darah tersebut. Namun ternyata beliau r tidak meminta perincian, misalnya dengan bertanya: “Apakah darah yang keluar itu warnanya berubah?” Jadi jelaslah, bahwa ‘adat-lah yang dipegangi bukan tamyiz. Pendapat terakhir ini yang lebih benar, kata Asy-Syaikh Ibnu ‘Utsaimin t, dengan alasan:

1. Hadits yang di dalamnya ada penyebutan tamyiz diperselisihkan keshahihannya.

2. Penetapan dengan ‘adat lebih meyakinkan bagi seorang wanita karena sifat darah itu terkadang berubah atau keluarnya bergeser ke akhir bulan atau awal bulan atau terputus-putus sehari berwarna hitam, hari berikutnya berwarna merah. (Asy-Syarhul Mumti’, 1/427 Dengan demikian, bila seorang wanita ‘adatnya 5 hari, pada hari ke-4 dari masa haidhnya keluar darah berwarna merah seperti darah istihadhah, namun pada hari ke 5 kembali darahnya berwarna hitam, maka ia berpegang dengan ‘adatnya yang 5 hari sehingga hari ke-4 yang keluar darinya darah berwarna merah, tetap
terhitung dalam masa haidhnya.

Wallahu a‘lam.

Keadaan ketiga:
baca selengkapnya>>

0 komentar:

Posting Komentar

Assalamualaikum.
Untuk memperbaharui blog ini komentar anda sangat saya harapkan.
- Komentar anda sangat berarti buatku.
- Komentar anda sangat berharga bagiku.
- Komentar anda adalah kebangga'anku.

Berilah komentar yang dapat membuat saya merasa nyaman dan bergairah untuk terus memperbaharui situs ini.

komentar anda sangat membantu saya untuk terus berkarya. (~_~)

Terimakasi karena sudah berkunjung!

Jazakumulloh khoiron katsir.

MASUK DENGAN AKAUN FACEBOOK

SOHABAT BLOGGER

iLmoe Mp3 Kajian

JUMLAH & LOKASI PENGUNJUNG

free countersLocations of Site Visitors

PENGELOLA SITUS

Foto saya
Waikewak (kampung halamanku), Larantuka, Nusa Tenggara Timur, Indonesia
Assalamualaikum. Saya hanyalah orang bodoh yang mau belajar dan beramal sesuai dengan AsSunnah. Daerah Asalku: Flores Timur (NTT) Indonesia. TTL: Waikewak (kampung halamanku) 15/03/1982. Pendidikan Dasar/Lanjutan. MIS :(Madrasa Ibtidai'iyyah Swasta) Waikewak - NTT - Indonesia. MTS/N : (Waiwerang - NTT - Indonesia. SMA/SMK : YP PGRI Makassar/ujung pandang. Tamat pendidikan tahun 2000-2001. Adapun blog/situs yang saya kelola sa'at ini adalah sebuah situs utama yang saya kelola melalui Hanphone (HP) Nokia 5230, dan Insya Alloh melalui situs ini kalau tidak ada halangan saya akan terus update Album-album dalam bentuk mp3, sekiranya layanan ini kurang memuaskan dihati para ikhwan dan akhwat sekalian diharapkan untuk tetap bersabar hehe.. , Akhir kata selamat untuk menikmati.

  © Download mp3 GEMMA SHOLAWAT DAN QOSIDAH by Gusari Sapoetra Noermandiri Bethan Al Waikewaki 2009

Back to TOP